Headlines News :
Home » , , , » Pilgub Maluku Utara Bergulir 2 Putaran

Pilgub Maluku Utara Bergulir 2 Putaran

Written By beritalima on Jumat, 12 Juli 2013 | 20.48

Maluku Utara - beritalima.com hasil rapat pleno rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku utara tahun 2013 berakhir sudah, dengan perolehan suara terbanyak pasangan “AHM –DOA” (Ahmad Hidayat Mus dan Hasan Doa) 163.684 (28.50%) suara dan di urutan kedua di tempati oleh pasangan “AGK-Manthap (Abd Gani Kasuba dan Muhammad natsir Thaip) 123.689 (21.54%) suara. Sementara pasangan Samsir Andili dan Beni Laos “SABEL” yang di perkirakan oleh public Maluku utara akan masuk dalam putaran kedua ternyata hanya mampu di urutan empat sesudah pasangan “Hein Namotemo dan Malik Ibrahin” dengan perolehan suara 79.247 (13.80%). Pasangan yang di dukung oleh Partai penguasa, Partai Demokrat MS (Muhadjir Alba’ar dan Syahril) berada pada urutan terakhir dengan perolehan suara 53.230 (9,27%) sedangkan “NHR-ia” (Namto Hui Roba dan Ismail Arifin) yang didukung oleh partai PDI-P berada pada urutan lima dengan 66.018 suara (11,49).
Terjadi hujan intrupsi kala ketua KPU Maluku Utara Mulyadi Tutupoho akan mengetuk palu untuk mensahkan rekapitulasi suara sekaligus menutup rapat pleno. edy langkara saksi dari pasangan AHM-DOA, meminta KPU Provinsi Maluku utara agar ,menyikapi terjadinya berita acara rekapan suara ganda  dari KPU Halut. menurut edi hal ini penting karena jangan sampai timbul kecurigaan dari public bahwa hal ini adalah perbuatan dari tim pasangan AHM-DOA. Atas usulan tersebut ketua Bawaslupun menyatakan akan di sikapi secara pelanggaran pemilu yang akan ditelusuri lebih lanjut.
“Sahrani Sumadayo” sebagai pimpinan sidang, Usai rapat pleno mengatakan “sesuai dengan aturan KPU dan Undang-undang pemilu bahwa bila perolehan suara sah pasangan calon tidak mencapai 30 plus 1 % maka, pemilu akan  berjalan dua putara. Oleh karena itu sesuai dengan hasil rekapitulasi hari ini kami pastikan bahwa Pemilu gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara berjalan dua putaran jelas sahrani.
Sementar  untuk jadwal pemilihan putaran kedua, KPU provinsi Maluku utara akan mengadakan pleno tentang jadwal pemilu putaran kedua dan pleno penetapan paling lambat besok janji ketuia KPU Maluku utara Mulyadi Tutupoho.**

(rudy)
Share this post :
 
by : Fen 2013 | email: berita_lima@yahoo.com | Redaksi
Copyright © 2011. BeritaLima.com - Sukseskan Pemilu 2014
BL PT. MEDIA PUTRA PENDOWO by Group
To AMOI