Headlines News :
Home » , » DPD RI Dorong Pemerintah Untuk Mengesahkan DOB

DPD RI Dorong Pemerintah Untuk Mengesahkan DOB

Written By beritalima on Jumat, 07 Juni 2013 | 20.18

F oto : DPR Setujui Musi Rawas Utara



JAKARTA, beritalima.com - Pembentukan Kabupaten Musi Rawas Utara pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, sesuai pendapat akhir mini yang disampaikan semua fraksi, DPD RI, dan pemerintah di Komisi II DPR RI dalam rapat dari Panja ke Pleno untuk pengambilan keputusan tingkat I dan penandatangan pengesahan Draf RUU tentang Daerah Otonomi Baru (DOB), sebagian besar sepakat pembentukan DOB Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan untuk segera disahkan pada sidang paripurna.
Namun yang lebih penting  disampaikan DPD RI dengan juru bicara DR. H. Rahmat Shah anggota Komite I DPD RI asal Provinsi Sumatera Utara mengenai Pembentukan Kabupaten Musi Rawas Utara sebagai pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan. Disampaikan juga pembahasan calon DOB Muratara yang dibahas sejak 13 Juni 2012 dari 19 calon DOB belum disahkanhingga tiga kali mas sidang.
Ketertundaan pengesahan calon DOB Muratara ditandaskan Rahmat Shah akibat tidak ada komunikasi yang baik yang dapat memicu terjadinya demonstrasi dan mengakibatkan korban jiwa dan luka (29/4) di Muara Rupit Simpang Empat, Karang Dampu, Musi Rawas, Sumatera Selatan.
"Kami memahami sepenuhnya bahwa masih terdapat kendala atas berlarutnya pembahasan calon DOB Muratara karena masih ada persoalan terkait batas wilayah," jelasnya.
Batas wilayah yang dipersengketakan adalah Blok Suban IV yang berada di antara perbatasan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) denggan Kabupaten Musi Rawas.
Blok Suban ini kata Rahmat Shah sempat dimasukan ke rencana wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara, oleh karena itu menurut dia sebagaimana diatur menurut PP No. 78 tahun 2007 Mendagri wajib memfasilitasi untuk penyelsaian batas antar wilayah.
"Berdasarkan informasi yang diterima DPD RI, bahwa Kementerian Dalam Negeri sudah menyelesaikan persoalan Blok Suban IV dengan meminta klarifikasi Gubernur Sumatera Selatan, yang hasilnya adalah daerah tersebut tetap masuk ke dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Demikian atas dasar keputusan Gubernur terkait Blok Suban IV telah diterima dengan baik oleh masyarakat setempat," terang Rahmat Shah.
Lebih lanjut kata senator asal Provinsi Sumatera Utara, DPD RI mendorong langkah-langkah yang ditempuh Kapolda dan Kapolres dalam menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Musi Rawas dan mendorong penetapan calon DOB Kabupaten Murata menjadi Daerah Otonomi Baru dalam pertemuan dengan DPR RI dan Pemerintah di masa sidang IV tahun 2013.
"Kita patut untuk mengakomodasi aspirasi yang berkembang terkait dengan usulan pembentukan DOB Kabupaten Muratara dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," terangnya. dedy mulyadi









Share this post :
 
by : Fen 2013 | email: berita_lima@yahoo.com | Redaksi
Copyright © 2011. BeritaLima.com - Sukseskan Pemilu 2014
BL PT. MEDIA PUTRA PENDOWO by Group
To AMOI