Headlines News :
Home » » Polres Solok Selatan Amankan 5.000 Liter BBM

Polres Solok Selatan Amankan 5.000 Liter BBM

Written By beritalima on Minggu, 05 Mei 2013 | 20.53

Solsel, beritalima.com -- Jajaran Kepolisian Resort Solok Selatan kembali menagkap dan mengamankan satu truk pengangkut 5.000 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar tanpa identitas.

Kapolres Solok Selatan AKBP Djoko Trisulo didampingi Wakapolres Kompol Azwir, di Padang Aro, Minggu (5/5), mengatakan, solar tersebut ditangkap pada Minggu pagi pukul 10.00 WIB di depan Mapolres setempat ketika truk akan menuju Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi.

"Saat melintas di depan Mapolres Solok Selatan petugas memeriksa kelengkapan kendaraan tersebut dan ditemukan BBM yang dibawa tidak memiliki dokumen, karena itu langsung diamankan," ujar dia.

Dia mengatakan, kepolisian mulai sejak 19 April hingga 19 Mei 2013 melakukan penertiban BBM.

"Setiap kendaraan yang mengangkut BBM selalu diperiksa oleh petugas dan apabila tidak mempunyai dokumen lengkap langsung diamankan," kata dia.

Dia mengungkapkan, BBM jebis solar tersebut diisi di Teluk Kabung Padang, bukan di Pertamina melainkan dari tempat yang tidak jelas bahkan sopirnya juga tidak mengetahui dimana BBM tersebut diisi.

Hal ini karena pengisian dilakukan oleh sopir lain sedangkan yang membawa ke Sungai Penuh hanya tahu mobilnya sudah diisi dan siap berangkat ke Sungai Penuh," jelasnya.

Dikatakannya, BBM tersebut dibawa ke Sungai Penuh dengan pengirim CV Quarindo Rizki Pratama Jambi denga tujuan ke PT Feriska Amanah Mandiri, akan tetapi siapa pemilik dan kemana daerahnya di Sungai Penuh tidak ada.

Sekarang ini katanya, polisi menahan barang bukti berupa satu unit mobil pengangkut BA 8505 QU beserta 5.000 liter BBM dan Sopirnya Andi Putra (32) warga Padang.

"Sekarang sopirnya sedang diperiksa petugas untuk pengembangan kasusnya lebih lanjut," jelasnya.

Dia menyebutkan, para tersangka diancam dengan Pasa 53 huruf b dengan ancaman hukuman empat tahun penjara dan denda Rp40 miliar serta pasal 55 yang ancamannya enam tahun denda Rp60 miliar, dan Undang Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas.

Sekarang katanya, Polres Solok Selatan sudah menyita 10.000 liter dan dua unit mobil pengangkut BBM jenis solar.

"Karena sebelumnya pada Senin 22 April 2013 kita juga menahan truk mengangkut 5.000 liter BBM jenis solar di Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu dan menahan sopirnya yang sekarang hanya menunggu keterangan saksi ahli," katanya.

Selain itu katanya, pihak kepolisian juga menertibakan pengisian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menggunakan jerigen.

"Apabila ditemukan BBM bersubsidi diisi pada jerigen tanpa ada rekomendasi dari pemerintah setempat juga akan kita tangkap," jelasnya.

(*/ede)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Share this post :
 
by : Fen 2010 | email: berita_lima@yahoo.com | Redaksi
Copyright © 2011. BeritaLima.com - Sukseskan Pemilu 2014
BL PT. MEDIA PUTRA PENDOWO by Group
Design by: Browalas.Com To AMOI